Selasa, 30 April 2013

Manusia Penyebab Utama Terjadinya Kecelakaan


PENYEBAB TERJADINYA KECELAKAAN LALU LINTAS

Menurut Undang-undang no.22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan kecelakaan adalah suatu peristiwa dijalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan atau kerugian harta benda.
Penyebab utama kecelakaan lalu lintas di Indonesia adalah dikarenakan faktor manusia / Human Eror, karena masih rendahnya perilaku pengguna jalan di Indonesia sering mengakibatkan konflik di jalan raya dan sering kali berujung dengan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Ini dibuktikan dengan masih banyaknya pengendara kendaraan bermotor yang masih melanggar aturan-aturan berlalu lintas, memacu kendaraanya dengan kecepatan tinggi,memaksakan berkendara disaat kondisinya sudah tidak fit dan berkedara di bawah pengaruh minum minuman keras dan obat-obatan terlarang.
Sudah banyak kejadian kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh faktor manusia / Human Eror, Contohnya: “Seorang sopir angkutan umum dengan membawa penumpang penuh mengendarai kendaraanya dengan kecepatan tinggi dan ugal-ugalan sehingga sopir tersebut tidak bisa mengendalikan kendaraanya dengan baik dan berakibat kendaraanya masuk kedalam jurang dan menewaskan banyak korban jiwa”.
Dari cerita di atas bisa kita simpulkan bahwa faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas dikarenakan masih rendahnya perilaku pengguna jalan akan keselamatan berkendara dijalan raya dan kurangnya kesadaran untuk berperilaku yang aman dan berkeselamatan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar